
Pada SUZUKI NEX juga di pasangkan Trottle position switch (TPS)yang mengotrol pengapian sesuai bukaan skep di karburator. TPS juga di pasangkan pada Axelo dan Titan. Dan SUZUKI NEX telah menerapkan cuk otomatis seperti pada SUZUKI SKYDRIVE.
Langkah kedua adalah diet ketat yang di lakukan SUZUKI NEX pada komponen - komponen baik mesin, rangka dan bodi. Diet pada mesin adalah Piston SUZUKI NEX lebih ringan dari punya Smash, dan kapasitas oli di sunat habis menjadi 0,65 liter. Pada rangka juga terjadi diet hebat, rangka SUZUKI NEX lebih ringan 1,7 kg dari pendahulunya SUZUKI SPIN. Di sektor roda juga demikian, roda SUZUKI NEX cuma di buat palang tiga dan berongga di bagian tengahnya tetapi tidak mengurangi kekuatan dari roda itu sendiri. Dan untuk ketebalan bodi yang terbuat dari plastik dibuat bervariasi, pada posisi yang memerlukan bodi berbahan tebal di buat tebal begitu juga sebaliknya.
Meskipun SUZUKI NEX terkena diet ketat untuk pengurangan bobot kendaraan, tetapi tidak menurunkan kwalitas dari motor itu sendiri.