Laskar SUZUKI - Pada awal tahun 90'an SUZUKI Motor Indonesia memasarkan motorsport 2 langkah berkapasitas 150cc yang dikenal dengan SUZUKI RGR 150. Di saat itu cuma SUZUKI yang bermain dikelas motorsport 150cc, pesaing terdekatnya adalah Yamaha RZR yang mempunyai kapasitas mesin 135cc.
SUZUKI RGR 150 dibekali mesin 150cc yang sanggup mengeluarkan tenaga sampai 26,5 PS/9500rpm. Tenaga yang besar tersebut dipadu dengan bobot SUZUKI RGR150 yang ringan, sehingga SUZUKI RGR150 menjadi motor idola para pencinta kecepatan saat itu. Apalagi SUZUKI membekali SUZUKI RGR150 dengan teknologi SSS (SUZUKI Super Scavenging System) dan SIPC ( SUZUKI Intake Pulse Control).
SSS (SUZUKI Super Scavenging System) adalah teknologi multi lubang transfer yang ada pada blok mesin SUZUKI RGR150, berfungsi membantu penambahan tenaga secara mendadak sehingga motor lebih responsif. Teknologi SSS (SUZUKI Super Scavenging System) juga didukung dengan penerapan teknologi SIPC ( SUZUKI Intake Pulse Control) yang berfungsi sebagai penampung atau tandon campuran bahan bakar dan udara yang disimpan pada selang yang melingkar ke belakang bodi motor. Posisi SIPC ada diantara katup buluh (reed valve) dengan karburator.
Selain teknologi canggih yang diterapkan pada mesinnya, SUZUKI juga selangkah lebih maju dengan fitur yang dipakai oleh SUZUKI RGR150, seperti halnya indikator gigi perseneling, twinspar frame dan shockbreaker belakang yang telah memakai monoshock. Sedangkan pesaing terdekatnya saat itu Yamaha RZR cuma memakai indikator netral, rangka tulang belakang dan dual shockbreaker pada bagian belakang motornya.
Untuk mengenali generasi SUZUKI RGR 150 sangatlah gampang, kita cukup melihat bodi dan lampu belakangnya. SUZUKI generasi awal yang di pasarkan pada tahun 1990 sampai tahun 1992 memiliki bodi ramping bodi, ciri lainnya adalah fairing depang terpisah antara fairing atas dan undercowl dan untuk bagian belakang menggunakan lampu berbentuk kotak seperti halnya SUZUKI Sprinter. Oleh sebab itu SUZUKI RGR 150 generasi awal juga sering disebut SUZUKI RGR 150 sprinter.
Untuk generasi kedua dari SUZUKI RGR150 dipasarkan pada tahun 1993-1994. Motor generasi kedua ini sering disebut dengan SUZUKI RGR150 Crystal. Ini karena bentuk lampu belakangnya yang menyerupai lampu belakang SUZUKI Crystal 110. Tetapi ada perbedaan yang cukup mencolok antara SUZUKI RGR150 keluaran 1993 dan SUZUKI RGR150 keluaran 1994. Untuk SUZUKI RGR150 1993, potongan fairing depannya berada dibawah atau disekitar bak mesin, sedangkan untuk SUZUKI RGR150 tahun 1994 potongan fairingnya berada dibawah lampu sein dan fairing tipe ini juga digunakan pada SUZUKI RGR generasi ketiga. Untuk bodi sampingnya juga berbeda, SUZUKI RGR keluaran 1993 potongan bodinya berada disamping, sedangkan pada SUZUKI RGR tahun 1994 bodi sampinya menyatu.
SUZUKI RGR150 tahun 1993 |
SUZUKI RGR150 1994 |
Sedangkan untuk generasi ketiga atau biasa juga disebut dengan SUZUKI RGR150 Jumbo dipasarkan pada tahun 1995 sampai tahun 2000. Ciri ada pada lampu belakannya yang menggunakan lampu seperti halnya SUZUKI Tornado GX/GS. Nah, SUZUKI RGR150 generasi ketiga inilah yang banyak digunakan di Indonesia, SUZUKI RGR150 laku keras seiring dengan ramainya promosi SUZUKI di event balap road racing kala itu.