Rahasia Dibalik Meningkatnya Tenaga GSX-R150 dan GSX-S150

SUZUKI GSX-R150

Laskar SUZUKI, Tanggal 2 November 2016 kemarin SUZUKI telah memperkenalkan 2 varian motorsport barunya yang beraliran naked dan full fairing. SUZUKI GSX-R150 dan SUZUKI GSX-S150 di blog sebelah digembar - gemborkan memiliki power yang lebih besar jika dibandingkan mesin All New Satria F150 FI, apa sih rahasia meningkatnya power dari SUZUKI GSX-R150 dan SUZUKI GSX-S150, apakah SUZUKI GSX-R150 dan GSX-S150 minum Viagra agar lebih nampol tenaganya...????

Sebenarnya nara sumber bang admin yang fasih berbahasa Jepang, tidak sebegitu detail menerangkan perubahan apa saja dari SUZUKI GSX-R150 dan SUZUKI GSX-S150 yang berdampak pada meningkatnya tenaga mesin, yang semua tahu masih memakai basic All New Satria F150 FI. Kemungkinan besar perubahan ini takut di contoh oleh pabrikan sebelah yang saat ini tengah mempersiapkan motor DOHC tandingan. Tapi bang admin mencoba membedah sedikit rahasia SUZUKI meningkatkan tenaga SUZUKI GSX-R150 meskipun tidak terlalu mendalam.

Perubahan pertama menurut nara sumber bang admin adalah ECM SUZUKI GSX-R150 berbeda dengan All New Satria F150 FI. Dan limit rpm antara All New Satria F150 FI  dengan SUZUKI GSX-R150 berbeda 1.000rpm lebih tinggi miliknya SUZUKI GSX-R150, sehingga SUZUKI GSX-R150 teriakannya lebih dahsyat jika dibandingkan artis JAV, eh salah teriakan mesin All New Satria F150 FI.

Perubahan yang kedua adalah Filter atau Kotak Udara milik SUZUKI GSX-R150 lebih besar volumenya jika dibandingkan box udara All New Satria F150 FI. Ini juga berpengaruh pada performa motor karena ketersediaan udara dalam box lebih maksimal saat motor berakselerasi.

SUZUKI GSX-R bagian belakang

Perubahan yang ketiga adalah perbandingan gigi pada gir box atau gigi rasio SUZUKI GSX-R150 yang berbeda dengan All New Satria F150 FI. Perubahan ini juga sangat berpengaruh dengan kecepatan aselerasi dan kecepatan maksimum motor.

Perubahan keempat adalah penambahan lubang Nosel yang awalnya 2 lobang untuk dual spray pada Satria Injeksi, menjadi 5 lubang untuk dual spray pada SUZUKI GSX-R150. Selain hasil embun bahan bakar lebih kecil, keuntungan lainnya adalah nosel dapat mencukupi kebutuhan bahan bakar pada ruang bakar.....

Perubahan yang kelima disektor pembuangan atau knalpot, yang menurut informasi konstruksinya lebih cepat dalam membuang gas buang yang berasal dari ruang bakar. Tetapi tidak melupakan tendangan balik gas buang.

Muffler SUZUKI GSX-R150

Perbedaan lainnya yang ditunjukkan oleh nara sumber bang admin adalah perbandingan final gir antara All new Satria F150 FI dan SUZUKI GSX-R150.

Nah, mungkin ini alasan mengapa riset dan ujicoba SUZUKI GSX-R150 dan SUZUKI GSX-S150 lama. Karena meskipun basic mesinnya sama, tetapi SUZUKI tidak mau asal templok mesin ke rangka SUZUKI GSX-R150, masih melalui serangkaian ujicoba baik di internal maupun di jalan raya.

SUZUKI YARUKI
SUZUKI GSX-R150
SUZUKI GSX-S150
SPORT & STREET SPORT