Komparasi Mesin SUZUKI GSX-R150 dengan Motorsport 150cc Kompetitor


Laskar SUZUKI - SUZUKI Motor Indonesia saat ini sangat percaya diri akan mendulang kesuksesan dengan motorsport terbarunya SUZUKI GSX-R150. Hal ini bukan tanpa alasan, karena SUZUKI GSX-R150 mempunyai mesin yang memang lebih superior jika dibandingkan motorsport 150cc milik kompetitor. Mulai dari tenaga, fitur dan kwalitas mesin, menurut bang admin pribadi SUZUKI sedikit lebih baik dari yang lainnya.

Kita coba bandingkan terlebih dahulu power SUZUKI GSX-R150 dengan motorsport 150 milik kompetitor. SUZUKI  GSX-R150 mempunyai power 19,1PS/10.500rpm, sedangkan CBR150R mempunyai power mesin 17,8PS/9.000rpm dan mesin YZF-R15 menyemburkan tenaga 16,5PS/8.500rpm. Dari segi power SUZUKI GSX-R150 lebih bertenaga jika dibandingkan motorsport kompetitor.

Sekarang kita coba komparasi torsi maksimal dari SUZUKI GSX-R150 dengan motorsport 150 milik kompetitor. SUZUKI GSX-R150 mempunyai torsi 14Nm/9.000rpm, sedangkan CBR150R mempunyai torsi maksimal 13,7Nm/7.000rpm dan YZF-R15 mengeluarkan torsi maksimalnya 13,8Nm/7.500rpm. Nah, meskipun mesin SUZUKI GSX-R150 DOHC dan Overbore, torsinya masih bisa lebih menggigit jika dibandingkan motor kompetitor.



Selanjutnya kita bandingkan sistem penekan klep / katup / valve SUZUKI GSX-R150 dengan motorsport 150cc milik kompetitor. SUZUKI GSX-R150 memakai sistem Direct Acting Valve Mechanism atau cam langsung menekan mangkok klep. Sedangkan CBR150R meskipun sama - sama memakai noken-as / camshaft 2 biji masih dibantu oleh rocker-arm atau temlar. Begitu juga dengan YZF-R15 yang juga masih memakai rocker arm sebagai penghantar dan sekaligus menumbuk ujung klep.


Untuk Silinder SUZUKI GSX-R150 telah memakai teknologi pengerasan material silinder yang lebih terkenal dengan Suzuki Electrochemical system (SCEM). Sistem pengerasan silinder ini juga dipakai pada YZF-R15 tetapi lebih dikenal dengan nama DiAsil Cylinder. Dan untuk CBR150R silindernya masih memakai sistem silinder besi baja, sehingga transfer panas masih sedikit terkendala karena perbedaan 2 material silinder yang berbeda (silinder atau boringnya masih besi baja dan rumah silinder pakai almunium)


Pembuktian lainnya jika kwalitas komponen mesin motor SUZUKI GSX-R150 memang lebih baik adalah SUZUKI berani pasang kompresi tinggi mencapai 11,5:1 dan untuk CBR150R mencapai 11,3:1 dan paling rendah adalah YZF-R15 yang kompresinya mencapai 10,4:1. Padahal batas rpm SUZUKI GSX-R paling tinggi loh jika dibanding yang lainnya.......

Untuk pelumasan dari ketiga motor sama - sama memakai peluamasan sistem basah dan untuk SUZUKI GSX-R150 juga dilengkapi dengan SUZUKI Jet Cooling System untuk memaksimalkan pelumasan mesin.

Komparasi Tampilan Motorsport Full Fairing GSX-R150 VS Kompetitor

Mungkin ini saja sekelumit dari komparasi SUZUKI GSX-R150 dengan motorsport kompetitor yang bang admin buat, mohon maaf jika ada tulisan bang admin yang menyinggung perasaan para pecinta motor merk sebelah. Tidak ada mesin motor yang jelek, jikalau kwalitasnya jelek pasti mesinnya akan bermasalah sebelum 1 tahun. Bettulll...????

SUZUKI YARUKI
SUZUKI BANGKIT