Komparasi SUZUKI FXR-150, CBR 150 dan YZF-R15

Untuk pemanasan awal sebelum meluncurnya SUZUKI GSX150R di jalanan Indonesia. Kali ini bang admin mau sedikit mengingatkan bahwasanya SUZUKI  adalah pelopor motorsport 150cc 4 tak di Indonesia. Mengapa bang admin bisa mengatakan pelopor, karena saat tahun 1997 motorsport 150cc 4 tak yang pertama kali meluncur di pasaran Indonesia adalah produk SUZUKI Lion Malaysia, yaitu SUZUKI FXR150 dan tidak berselang lama kemudian diproduksi di Indonesia.

Meskipun lahir pada tahun 1997-2000, SUZUKI FXR150 tidak kalah dengan motorsport pabrikan tetangga yang masuk ke Indonesia tahun kemarin (CBR150) dan yang akan masuk saat ini (YZF-R15). Okkey, tanpa banyak omong lagi Bang Admin akan membandingkan motor lama SUZUKI FXR-150 dengan CBR 150 dan YZF-R115.

Untuk urusan bodi memang bang admin akui SUZUKI FXR-150 kalah zaman, karena masih memakai half fairing tidak seperti halnya CBR150 dan YZF-R15 yang memakai full fairing. Tetapi menurut bang admin, dengan tampilan half fairing mesin DOHC dari SUZUKI FXR150 terlihat kekar dan bodi SUZUKI FXR150 terlihat sesuai untuk kapasitas mesin 150cc. Tidak seperti CBR150 dan YZF-R15 yang bodinya terlihat cakep bagaikan Motor dengan kapasitas mesin besar, tetapi tidak sesuai dengan kapasitas mesinnya yang cuma 150cc.



Dan untuk masalah fitur dari SUZUKI FXR150 yang brojol tahun 1997 tidak kalah dengan CBR150 dan YZF-R15 yang baru dan akan keluar setelah 16 tahun kelahiran SUZUKI FXR150, misalnya : panel Speedometer SUZUKI FXR150 telah memakai sistem digital Full LCD, coba bandingkan dengan CBR150 dan YZF-R15 untuk penunjuk putaran mesinnya (RpM) masih memakai jarum. Contoh lain adalah penghenti laju roda (Rem), meskipun telah sama-sama menggunakan Double Disk Brake untuk roda depan dan belakang, tetapi pada roda depan SUZUKI FXR150 telah menggunakan Giga Disk.



Lanjut ke bagian mesin, meskipun SUZUKI FXR150 keluar pada tahun 1997-2000 tetapi Daya atau Tenaga mesin melebihi dari CBR150 dan YZF-R15. Kemungkinan tenaga besar yang dihasilkan mesin SUZUKI FXR150 karena dukungan teknologi TSCC atau pusaran ganda diruang bakar. Bagi yang belum paham dengan TSCC silahkan baca lagi artikel bang admin tentang TSCC. Dan SUZUKI FXR150 adalah motorsport DOHC pertama yang dipasarkan Resmi dan bebas di Indonesia.

Lebih jelasnya, nih bang admin kasih perbandingan tenaga dan torsi dari ketiga motorsport 150cc diatas...
Daya/Tenaga :
SUZUKI FXR150 : 20Hp (14,9kw/12.500rpm)
CBR 150----------: 17,8Hp (13,11kw/10.500rpm)
YZF-R15----------: 16,83Hp / 8.500rpm

Torsi
SUZUKI FXR150 :  12,5Nm/10.000rpm
CBR 150----------:  12,6Nm/8.500rpm
YZF-R15----------: 14,5Nm/7.500rpm

Jumlah Cam :
SUZUKI FXR150 : DOHC
CBR 150----------: DOHC
YZF-R15----------: SOHC

Pendinginan mesin :
SUZUKI FXR150 : Oil Cooler
CBR 150----------: Radiator
YZF-R15----------: Radiator

Artikel ini cuma sebagai pembanding saja, dan mudah-mudahan tenaga, torsi dan teknologi dari SUZUKI GSX150R yang akan keluar lebih besar dan lebih canggih dari SUZUKI FXR150. Yang beda 16 tahun aja SUZUKI menang, apa iya fitur, teknologi dan tenaga mesin akan kalah dengan motorsport pabrikan tetangga....